Lanjut ke konten

Jawa Barat

9 Mei 2014

Jawa Barat

 

Jawa Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kotanya berada di Kota Bandung. Perkembangan Sejarah menunjukkan bahwa Provinsi Jawa Barat merupakan Provinsi yang pertama dibentuk di wilayah Indonesia (staatblad Nomor : 378). Provinsi Jawa Barat dibentuk berdasarkan UU No.11 Tahun 1950, tentang Pembentukan Provinsi Jawa Barat. Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.

Tarian Tradisional

Tari Merak merupakan kesenian tari yang berasal dari tanah Pasundan. Sejarah tari merak jawa barat itu sendiri diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950an dan dibuat ualng oleh dra. Irawati Durban pada tahun 1965 .

 

Senjata Tradisional

Kujang adalah sebuah senjata unik dari daerah Jawa Barat. Kujang mulai dibuat sekitar abad ke-8 atau ke-9, terbuat dari besi, baja dan bahan pamor, panjangnya sekitar 20 sampai 25 cm dan beratnya sekitar 300 gram.

 

Bahasa Tradisional

Bahasa Sunda adalah sebuah bahasa dari cabang Melayu-Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia. Bahasa ini dituturkan oleh setidaknya 38 juta orang dan merupakan bahasa Ibu dengan penutur terbanyak kedua di Indonesia setelah Bahasa Jawa. Bahasa Sunda dituturkan di hampir seluruh provinsi Jawa Barat dan Banten, serta wilayah barat Jawa Tengah mulai dari Kali Brebes (Sungai Cipamali) di wilayah Kabupaten Brebes dan Kali Serayu (Sungai Ciserayu) di Kabupaten Cilacap, di sebagian kawasan Jakarta, serta di seluruh provinsi di Indonesia dan luar negeri yang menjadi daerah urbanisasi Suku Sunda.

Pakaian adat Jawa khususnya pakaian adat Jawa Barat mempunyai ciri khas yaitu penggunaan kebaya sebagai tanda kentalnya unsur budaya tradisional. Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi besar di Indonesia yang mempunyai beragam pakaian tradisional atau pakaian adat.

 

 

 

Lagu Daerah

Lagu daerah Jawa Barat akan banyak didengar jika berkunjung ke pelosok-pelosok Jawa Barat. Beberapa di antaranya adalah Bubuy Bulan, Cing Cangkeling, Manuk Dadali, Panon Hideung, Pileuleuyan, dan Tokecang.


Makanan Tradisional

Jawa Barat memiliki makanan dan minuman tradisional yang beragam dan memenuhi selera banyak orang. Makanan dan minuman ini umumnya diolah dari bahan-bahan mentah menjadi sajian yang dinikmati dengan berbagai cara. Mari mengenal keragaman budaya Jawa Barat melalui makanan dan minuman tradisional.

No comments yet

Tinggalkan komentar